Selasa, 29 Januari 2013

MENGOBATI STRES ALA ISLAMI


 Gejala stres dan Depresi
       Merasa sedih dan sempit disertai dengan tangisan, tidak berselera makan, tidak bergairah dalam melakukan apapun, tidak berkonsentrasi dan merasa mudah lupa.
berharap mati, berpikiran melakukan bunuh diri lantaran rasa benci pada diri sendiri dan dunia sekelilingnya disertai tidak tenang pada waktu tidur dan menurunya berat badan, bagi wanita terkadang mengalami terlambat menstruasi, bagi pria mengalami kelemahan seksual.
Terkadang ia beranggapan bahwa dirinya menderita suatu penyakit. Terkadang mendengar suara-suara aneh yg berbicara kepadanya/halusinasi, merasa bersalah atas hal-hal yang sepele.
Pengobatan/terapi spiritual terhadap stres dan depresi
      Akidah atau keyakinan berpengaruh besar bagi penyembuhan stres dan depresi. Akidah dapat membentuk perasaan, perilaku dan akal manusia. Akidah yang kami maksud adalah pengamalan rukun iman, sendi-sendi islam dan beberapa hal lain yg penting.
1. Percaya terhadap Qadha dan Qadar (ketentuan allah) menerima apapun yg terjadi menimpa dan yakin bahwa semuanya tdk lepas Dari ketentuan Allah.
2. Percaya pada adanya hari akhir.
3. Percaya terhadap nama-nama allah dan sifat2nya. Ini akan sangat berpengaruh besar dalam kehidupan.
4. Memahami musibah dan kesedihan, orang mu’min percaya bahwa musibah merupakan tanda cinta allah dan cobaan yg diberikan sesuai dengan kadar keimanan, percaya bahwa musibah adalah cara allah untuk mengampuni dosa dan menaikkan derajad disisi-Nya.
5. Taqwa dan beramal sholeh
6. Berdo’a, bertasbih dan mengerjakan shalat.
7. Memperkirakan kemungkinan terburuk dan melihat orang yang keadaannya lebih parah.
8. Berpandangan realistis dalam hidup dan menjauhi khayalan.
9. Selalu berbaik sangka (positif thinking)
10. Selalu menanggapi keburukan orang lain dengan kebaikan.
11. Jangan berhenti berhara pada Allah SWT.
Sekian dan wassalam semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar